Search

Custom Search

Cara pasang sein tempel pada motor faring


Judul yang saya buat mungkin kepanjangan ya, haha bingung yang ngasih judul.
Sebagian besar para rider motor laki,khususnya motor berfairing entah itu kawasaki honda yamaha ataupun yang lain pasti paham betul alasan apa yang bikin tangan jail buat ganti part ini.
Yah mungkin kalau orang awam memandang motor fairing sudah terlampau keren ibarat kata seperti mas boy yang  di sinetron di TV. Namun untuk para pemilik sendiri tahu betul detail mana yang agak nyleneh dari motornya(pemikiran orang berbeda,namun penulis berbicara soal kebanyakan mayoritas ya tolong dimaklumi). Yah untuk saya sendiri yang mengalami yah memang itu yang saya rasakan ada sesuatu yang mengganjal di pandangan mata ini, sein nya nongol.haha.
Biasanya terlepas dari alasan tampilan ini ada alasan lain dibalik penggantian sein tempel, salah satunya ya mungkin takut nyrempet pengendara lain atau pun meminimalisir pecahnya fairing bila terjatuh. Ok sudah clear kenapa penggantian sein tempel itu perlu.
Sekarang kita bahas cara penggantian nya. Untuk saya sendiri berhubung motor yang saya punya ialah R15 ,mungkin ini akan sedikit mewakilkan teman-teman yang lain bagaimana cara penggantian nya, dan untuk motor jenis lain walaupun bentuk nya beda namun pokok dan intinya sama.
Ok kita sekarang siapkan dahulu bahannya.
1.seperangkat kunci bawaan motor, untuk bongkar motornya.
2. Sein tempel baru, sepasang, belinya gk boleh sebiji doang .haha
3. Kabel secukupnya, meminimalisir kalau kabel bawaan kurang panjang.
4. Flasher khusus Led. Kalau gk punya ntar ada triknya.
5. Secangkir kopi+ rokok dan koreknya.

Dan sekarang prakteknya. Mulailah buka fairing motor anda. Inti nya capot sein bawaan. Untuk pengguna R15, pertama copot dasboard motor sampean, yang gk mau ribet copot fairing cukup dasboard saja. Lalu copotlah pengait sein, lalu soket seinnya.
Oh ya sein motor sport yamaha modelnya pakai kuncian pengait bukan baut, tapi yang saya heran kok bisa kenceng ya.hihi.
Jika sudah copot kanan dan kiri siapkan Sein tempel nya. Lalu copot baut dan ring seinnya, setelah itu masukkan kabelnya di lubang fairing dan jangan lupa masukkan ring dan bautnya sebelum pasang soketnya. Nah biasanya ada yang model kabelnya pendek, untuk itu kita siapkan kabel untuk tambahan agar panjang dan sampai soketnya. Bisa kan nyambung kabel,.masa harus kasih tutor juga.
Balik lagi ke persoalan. Setelah kabel sein tempel tersambung. kini saatnya kencangkan seinnya dengan baut yang tadi. Agak susah biasanya tangannya mentok.
Ok setelah itu coba dahulu. Kunci kontak on, lalu tuas sein di geser. Wala sein nyala gak kedip.haha. itu karena Flasher bawaan motor tidak mampu meneruskan sinyal karena daya lampu led terlalu kecil. Nah ini saatnya tugas Flasher LED yang bekerja, kita ganti Flasher bawaannya.

Untuk tiap motor berbeda yah letaknya. Untuk R15 terletak di bodi belakang sebelah kanan.
Untuk membuka bodi belakang harus membuka jok depan terlebih dahulu , kemudian buka baut samping dan bawah body dan bodi ujung. Setelah baut terlepas semua kita buka bodi kanannya. Nah nongol kan flashernya, sekarang kita ganti.
Setelah diganti kita cek dahulu, kedip atau tidak lampu sein nya.  Setelah semua selesai kita pasang kembali bodinya, dan motor anda sekarang sudah tambah keren. Keren nya naik 1% ,hihi jangan banyak-banyak.
Untuk alternatif yang tak punya Flasher dpat memakai trik dibawah ini.
Simak ya, prosesnya sih sama namun yang berbeda kita tetap memasang sein bawaannya, .
Setelah sein ori terlepas kita buka seinnya,kita ambil lampu dan kabelnya saja. Rumah seinnya kita simpan.
Ok,lalu kita sambungkan soket dari lampu sein ori dengan sein tempel. Intinya sih digabungin kalau bingung. Lalu kita pasang sein tempelnya. Dan sein orinya kita bungkus dengan plastik lalu kita kalian,kita sembunyikan di balik fairing. Nah ini trik yang tak mau beli Flasher.
Ok sekian dari saya. Semoga bermanfaat.
Salam satu Aspal.

0 Response to "Cara pasang sein tempel pada motor faring"

Post a Comment

Suwun matur thank you. Udah mampir di blog ane gan/sis.