Search

Custom Search

Sejarah CBR150,perkembangan dari awal hingga kini


Agan n sista ketemu lagi.
Sesuai dengan artikel ane sebelumnya, yang ngbahas sejarah motor yang dipasarkan khususnya di indonesia.
Kali ini kita akan bahas tentang HONDA. Motor sport fairing honda yang namanya gede, CBR. Yups namun yang kita bahas yaitu CBR150RR, dari awal sampai saat ini .
Dahulu kala pada awal tahun 2000-an, CBR ini termasuk motor ekslusif, maklum disaat itu bisa dibilang CBR generasi awal ini benar-benar motor idaman body yang ramping dan sporty terlebih mesinnya dohc 4 tak.

Honda CBR 150R carburator masuk pasar indonesia tahun 2002 melalui importir umum bukan lewat pabrikan AHM. Motor ini tergolong mahal di masanya, yah berhubung import bukan produk yang di produksi di indonesia. HONDA CBR150RR ini berrangka deltabox(twin diamon frame) dan mesin DOHC berpendingin cairan atau radiator.Motor ini memang keren . Para pecinta speed pasti akan terkesima karena diajak ngebut enak dan di jalanan pun buat riding santai tetep sporty. Namun entah kenapa AHM tak mesamukkan motor ini di list produksinya.. Malah motor china yang jago copi paste lah yang sukses memproduksi CBR kw. Dan CBR ini diproduksi hingga tahun 2010 oleh pabrikan Honda Thailand.
masuk generasi selanjutnya.
Honda CBR 150R PGM-Fi

Masih dari Thailand CBR 150R PGM-Fi ini adalah CBR 150 versi injeksi dan refresh dari produk sebelumnya, dari segi mesin tidak ada yang jauh berbeda dari CBR 150R karbu generasi pertama, yang berbeda hanya system bahan bakar yang sudah injeksi dan body yang berubah signifikan. Motor ini masuk diimport secara CBU ke Indonesia lewat AHM langung bukan lewat importir umum lagi. Menurut yang udah pengalaman ama CBR sebelumnya CBR anyar ini top speednya mengalami penurunan yang hanya mampu digeber maksimal sekitar  150km/jam, sedangkan versi karbu bisa 160km/jam.Untuk dimensi fisiknya, Berat naik jadi 138kg, tangky jadi 13 liter. Ukuran Ban Depan 100/80-17M, Ukuran Ban Belakang 130/70-17M, speedometer digital, lampu depan pun berubah jadi single headlamp, dan speedo meter menggunakan perpaduan analog untuk Rpm dan digital untuk penunjuk kecepatan. CBR ini diperkenalkan di indonesia tahun 2012, namun banyak yang mengeluhkan tentang harganya yang begitu mahal untuk ukuran motor berkubukasi 150cc yaitu sekitar 35an juta. Motor ini tergolong langka karena hanya dijual dalam waktu singkat oleh AHM.
Generasi selanjutnya
Honda CBR 150R Lokal alias k45...

Dilaunching pada september 2014 dengan harga yang hampir sama dengan R15 sekitar 29jt pada awal kemunculannya. CBR ini merupakan versi buatan AHM dan kita patut bangga, pada era k45 ini CBR150 yang di produksi indonesia merupakan produk global di eksport ke berbagai negara.
Diperkenalkan pada tanggak Perbedaan dari CBR thailand dan CBR lokal AHM ini yang mencolok dari desain headlamp yang menganut kembali dual head lamp dan rangka sudah tidak menggunakan deltabox lagi, melainkan tubular seperti CBR250RR dan CB150R. CBR ini merupakan refresh dari CB150R yang terlebih dahulu beredar di Indonesia. Berhubung di produksi di indonesia, Untuk harga CBR lokal AHM ini jadi jauh lebih murah dari pada CBR thailand, seharga 28jt-an pada awal pertama dipasarkan. sedangkan CBR thailand 35jt-an penurunan harga yang cukup signifikan bukan. Menurut para pemakai CBR ini top speed mengalami penurunan, CBR lokal AHM hanya mampu menghasilkan topspeed sekitar 140km/jam. Bahkan ada pemilik CBR ini bilang kualitas cat tidak sebaik CBR Thailand, dan mesinnya juga ada yang mengalami khasus serupa dengan CB150R yang terdengar klotok klotok namun hanya sebagian kecil yah. Untuk fisik sih bisa dibilang tak begitu melenceng jauh dari versi tgailan mulai dari bentuk speedometer body belakang, namun sedikit berbeda di bagian fairing.dan bentuknya bisa dibilang lebih besar sedikit mirip-mirip kakaknya CBR250RR.
Last generasi yang terakhir.

All New CBR150RR
Diperkenalkan dan di launching di sirkuit Sentul Bogor, Pt AHM bahkan menggandeng pentolan pembalap Honda di motogp yaitu Marc Marques dan Dani Pedrosa.
Tepat pada tanggal 14 Februari 2016 bertepatan hari Valentine. Haha mungkin ini hadiah AHM untuk konsumen nya. Harganya pada waktu launching yaitu 32 juta untuk versi biasa dan 33 juta untuk versi repsol.

Untuk versi All New CBR150R ini tampilannya sangat berubah drastis, bisa dibilang melenceng jauh dari kesan khas motor honda yang mengedepankan Sporty namun Elegan banyak yang bilang bapak-bapak. Haha. Kali ini benar-benar Sporty Racing abis. Rombakan total di lakukan AHM. Jujur saya juga naksir sebenarnya haha namun enggak keturunan berhubung tunggangan saya belum lunas haha.
Desain fisik nya berbeda, lebih ramping namun menonjolkan lekukan yang membuatnya terkesan beraura agresif. Untuk bentuk velg disinyalir comon part dari CB150R , begitupun dengan seinnya yang mungil full LED. Untuk headlamp dan stoplamp nya sendiri juga di jejali LED, sepertinya AHM akan merubah semua produknya dengan lamp LED. Dan untuk bentuk jok juga diubah, menjadi berundak layaknya RIVALnya R15, untuk bentuk body belakang menurut saya cukup sporti. Behel alias tanduk yang sebelumnya ada sekarang di buang, namun untuk menggeser motor ini di parkiran AHM memanfaatkan Spakbor belakang sebagai ganti tanduk behel yang terdahulu. Pokoknya saya akuin well done Honda. Yang ingin mencari inspirasi modif Cbr150r terbaru mungkin ini bisa membantu, klik disini.
Nah ini lah cerita singkat tentang perkembangan CBR di indonesia dari awal hingga saat ini.
Semoga bermanfaat. dan tunggu sejarah motor yang lain juga ya. .
Salam satu aspal.....

Foto: google dan dari berbagai sumber.

0 Response to "Sejarah CBR150,perkembangan dari awal hingga kini"

Post a Comment

Suwun matur thank you. Udah mampir di blog ane gan/sis.