Search

Custom Search

Pasang klakson keong pada motor.


Selamat siang mas bro n mbak sis.
Sebelum kita bahas lebih dalam mengenai klakson keong dan cara pemasangannya kita bahas sedikit mengenai apa arti dan kegunaan klakson.
Dikutip dari wikipedia bahwa Klakson adalah trompet elektromekanik atau sebuah alat yang membuat pendengarnya waspada. Biasanya klakson digunakan pada kereta, mobil dan kapal untuk mengkomunikasikan sesuatu, di mana biasanya pada negara maju,digunakan untuk memperingati pengendara yang kurang tertib atau jika pengendara lain diprediksi akan menyebabkan kecelakaan.Sedangkan di negara berkembang, klakson memberi tahu pendengarnya bahwa ada kendaraan yang datang,mengingatkan akan kemungkinan bahaya yang terjadi,ingin mendahului,atau menyatakan perasaan emosional. 
Ok saya kira disini kita sudah paham mengenai klakson dan kegunaannya pada kendaraan.
Nah di dunia otomotif roda dua sendiri banyak kalangan pecinta otomotif yang banyak melakukan modifikasi pada sektor klakson ini, tak terkecuali saya. Banyak alasan yang menjadikan penggantian klakson ini mas bro. Misal kurang puasnya akan suara pada klakson standar bawaan sepeda motor, ingin tampil beda, dan lain sebagainya.
Banyak sekali jenis klakson yang beredar di pasaran, namun biasanya para pecinta roda dua banyak yang mengganti klakson standar nya dengan klakson mobil, dual tone, bisanya sih klaksn keong.

Untuk jenis dan merk klakson keong dipasaran beragam, seperti hella, denso, dan yang lain sebagainya. Beda harga beda rasa mas bro.
Sebenarnya klakson keong sendiri untuk saya sudah cukup lama memakainya, 2 tahun mas bro, dari awal motor saya beli sudah di ganti.
Untuk motor saya sendiri klakson keong yang digunakan klakson keong merk denso. Saya sendiri memasang klakson ini 2 buah mas bro, kanan kiri nya terpasang semua alias stereo. Namun pada kenyataannya dilapangan banyak yang hanya mengganti klakson standar dengan 1 buah saja.
Nah perlu diketahui bil kita hendak memasang klakson keong ini wajib hukumnya untuk menambah rangkaian relay,Mengingat ini klakso  mobil yang tentunya sangat berbeda spesifikasi nya dengan klakson motor.
Untuk itu cara Pemasangan klakson keong ini tidak boleh dilakukan sebarangan karena dapat mengakibatkan aki menjadi tekor. Nah disinilah kegunaan penambahan Relay yang bertujuan untuk mencegah terjadinya arus closed circuit yang dapat menguras tenaga listrik pada aki dan menjadikan tekor. Ok saya kira sampai disini paham sedikit demi sedikit.

Lanjut pada tahap berikutnya ya, Cara Pasang Klakson Keong pada motor.
Nah disini yang menjadi objek pemasangan klakson keong adalah motor saya sendiri, motor R15 lansiran tahun 2014 ,dengan penggantian klakson denso.

Untuk lebih jelasnya silakan amati gambar rangkaian berikut ini.

Tahap awal kita siapkan bahannya:
1. Klakson keong merk denso. Harga dipasaran berkisar 100rban. Kalau mau yang lebih bagus merk hella harga 200rb an.
2. Relay kaki 4 satu buah, Harga berkisar 15rb-25rb
3. Sekring 10A+rumah sekring, Harga 10rb
4. Skun male+female, Harga 1 pcs 500perak.
5. Kabel cukupnya. Ingat kabel musti kualitas bagus.
6. Besi / breaket untuk penyangga klakson.
7. mur dan baut.

 Setelah semua bahan terkumpul saatnya proses pemasangan.
1. Buka jok motor anda dan lepaskan baut kutup positif pada aki. Setelah itu masang Kabel skun+sekring dan pasang kembali baut kutup positif aki.
2. Siapkan relay dan rangkai kabel+skun yang terhubung ke sekring yang tadi. Ingat pemasangan kabel positif aki dihubungkan pada kaki relay angka 30.
3. Lalu lepaskan klakson standar bawaan motor.
4. Pasang plat/breaket untuk pemasangan klakson keongnya, untuk posisi pemasangan klaksonnya silakan di pikirkan sendiri bagaimana enaknya. Tiap motor berbeda mas bro.
5. Lanjut pada pemasangan kabel klakson. Kaki relay angka 85 dan 86 Anda hubungkan ke kabel klakson bawaan klakson/soket yang menghubungkan ke klakson bawaan.
Setelah terpasang kita tes terlebih dahulu relay berfungsi atau tidak. Silakan putar tuas kunci kontak pada posisi on, lalu tekan tombol klakson. Nah bila terdengar bunyi pada relay pada saat anda tekan tombol klakson, itu menandakan bahwa rangkaian relay berfungsi.
6. Proses berikutnya yaitu pemasangan kabel positif dan negatif klakson. Kaki relay dengan angka 87, anda bisa sambungkan ke kaki positif klakson keong dengan menggunakan kabel yang disiapkan tadi.. Selanjutnya untuk kaki klakson yang satunya yaitu negatif bisa anda sambungkan ke bodi motor/massa. Nah bila pemasangan klaksonya dua/stereo  silakan anda tambah kabel yang di hubungkan ke klakson yang satunya.
Langkah terakhir yaitu pengetesan. Silakan anda hidupkan kunci kontak lalu tekan tombol klakson,, saya yakin anda akan kaget. 😂 kenceng poll mas vroh. Bila sukses jangan lupa pasang lagi body motor sampean.
Nah setelah pemasangan klakson ini saya yakin, anda pasti bakal mikir dua kali untuk membunyikan klakson dikala berkendara di gang sempit , . Hargai warga sekitar bro, suara klakson ini bisa dibilang kencang,.  .
Peringatan untuk tahap pemasangan klakson, usahakan klakson menghadap kebawah untuk menghindari masuknya air yang dapat mengakibatkan klakson mati/rusak.  Dan wajib hukumnya klakson tersembunyi dibalik body motor.Cukup jelas bukan.
Saya kira cukup untuk proses pemasangan klakson keong. Silakan yang minat praktekkan sendiri.
Salam satu aspal masbroo.
(PendekarAspal)

Foto : google

1 Response to "Pasang klakson keong pada motor."

  1. Saya sudah pasang sesuai dengan instruksi dr berbagai sumber yang sama semua isinya. Tapi kok hasilnya gini. Klakson nyala terus. Dan itupun sebelah. Satunya mati. Klakson saya cek normal keduanya. Akhirnya dilepas kabel yang ke positif aki. Baru mati klaksonnya. Lalu dicoba tekan tombol klakson. relay bunyi klik.
    Intinya itu klakson jadi nyala terus tanpa ditekan tombol klaksonnya dan itupun hanya sebelah saja.
    Jadi saya mau tanya mengapa hal itu bisa terjadi dan solusinya gimana ya?

    ReplyDelete

Suwun matur thank you. Udah mampir di blog ane gan/sis.